Buscar

Memuat...

Páginas

''


Sariawan dan Penyebabnya

Obat Sariawan Alami Tradisional.
Selain sakit gigi, gangguan kesehatan yang kelihatannya sepele namun sangat mengganggu adalah sariawan. Selain membuat kita susah makan, sariawan juga membuat kita kurang percaya diri.
Karena biasanya selama sariawan nafas kita menjadi kurang sedap alias bau mulut. Sariawan atau dalam bahasa kedokteran stomattis biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin C.
Walaupun pada prakteknya, sariawan bisa disebabkan oleh beberapa hal yang tidak ada hubungannya dengan asupan vitamin C yang kita dapat.
Misalnya disebabkan oleh infeksi jamur, virus dan bakteri. Dan terkadang bisa juga diakibatkan oleh luka yang terjadi di mulut, seperti luka akibat bibir tergigit atau sejenisnya.
Kondisi seperti ini biasanya berkaitan dengan gangguan pada pencernaan dan kurangnya asupan vitamin, termasuk B12, miacin dan riboflavin.
Selain disebabkan oleh faktor – faktor di atas, sariawan juga disebabkan oleh pemasangan kawat gigi,  gigi palsu, kebersihan gigi yang kurang terjaga atau komsumsi makanan atau minuman yang panas.

Cara Mengatasi Sariawan :

Cara mengatasi sariawan yanf paling ampuh adalah dengan mengetahui penyebab utama terjadinya sariawan, sehingga tindakan perawatan yang diberikan sesuai dengan keluhan.
Jika sariawan yang kita derita termasuk jenis sariawan yang ringan, biasanya akan sembuh dengan sendirinya.
Namun tak ada salahnya juga jika dalam masa perawatan kita memberikan asupan makanan yang bisa mendukung masa penyembuhan sariawan.
Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi sariawan pada mulut :
  • Komsumsi makanan yang kaya akan vitamin B, C, zat besi dan asam folat. Karena sariawan tidak hanya disebabkan oleh kekurangan vitamin C
  • Kumur dengan air garam, kandungan yang terdapat pada garam bisa mempercepat proses penyembuhan pada sariawan
  • Oleskan campuran baking soda dan air pada luka atau benjolan sariawan, baking soda dipercaya bisa membasmi bakteri penyebab sariawan
  • Gunakan bawang putih, pepaya mentah atau kantong teh untuk mengompres sariawan
  • Berkumur dengan air kelapa atau air hasil tumbukan kulit batang jambu air
  • Manfaatkan bubuk kopi untuk mengolesi bagian bibir yang sariawan, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih
  • Perbanyak komsumsi yogurt yang mengandung acidhophilus hidup untuk membantu menjaga keseimbangan bakteri di mulut
Selain itu, jangan biasakan untuk menyikat gigi dengan keras agar tidak terjadi trauma atau luka yang bisa menjadi pemicu timbulnya sariawan.

0 komentar:

Poskan Komentar